Selasa, 10 Mei 2016

Tips Jadi Orang Kaya Sebelum Usia 40 Tahun




Warren Buffet adalah seorang lagenda hidup dalam dunia keuangan. Bertahun-tahun dia bertahan sebagai orang terkaya di dunia dengan kekayaan mencapai US$ 66 M. Menyadari banyak orang ingin menjadi seperti dirinya maka Warren Buffet pun memberikan tips keuangan khususnya untuk yang berumur kurang dari 40 tahun.

Berikut tips – tipsnya :

1. Mulailah menabung
Menabung adalah proses yang penuh perjuangan dan tidak pernah mengenal kata terlambat untuk memulainya. Jadikan menabung sebagai prioritas dan lakukan secara rutin.

2. Belajar dari kesalahan masa lalu
Ambil waktu untuk memahami kesalahan keuangan dimasa lalu. Apakah anda lebih banyak menabung / berinvestasi daripada berutang ? Sadarilah kesalahan sedini mungkin dan segera perbaiki sebelum beban semakin berat dan usia semakin tua.

3. Batasi utang
Jangan menumpuk utang karena suatu saat utang akan membebani langkah anda untuk sukses. Berusahalah menabung supaya anda dapat membeli secara tunai. Pembelian tunai selalu lebih murah daripada beli secara utang.

Jika anda seorang yang cerdas dan disiplin anda bahka tidak perlu membayar bunga atas tagihan kartu kredit anda.  Bayarlah lunas setiap tagihan kartu kredit anda.

Kartu kredit adalah alat untuk mempermudah pembayaran bukan tambahan penghasilan jadi cerdaslah dalam menggunakannya.

4. Lunasi utang
Jika anda memiliki utang pada usia 20-an dan 30-an segeralah melunasinya ketika memasuki usia 40-an.

5. Jangan takut mengambil resiko keuangan
Resiko dating ketika anda tidak tahu apa yang harus anda lakukan. Karena itu jangan menutup diri, belajarlah sebanyak mungkin tentang ragam investasi.
Mulailah berinvestasi semuda mungkin. Jika anda merasa belum mahir percayakan dana anda kepada ahlinya seperti berinvestasi di reksadana.

6. Jangan perhatikan rumput tetangga
Berhentilah membandingkan diri anda dengan orang lain. Jangan merasa rendah diri jika teman anda membeli mobil baru, bertamasya keluar negeri, menggunakan barang-barang bermerk karena belum tentu mereka memiliki tabungan dan investasi.

Gunakanlah uang anda secara bijak. Lebih baik berinvestasi daripada berpergian keluar negeri. Diwaktu yang akan dating anda akan bersyukur jika menggunakan uang anda dengan bijak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar